Buat kamu yang pengen banget berubah.
Pengen jadi seorang yang tepat waktu? Nggak mau mainan yang memacu
adrenalin lagi? Nih dia tips mengatur waktu yang jitu punya deh (kalau
diterapin):
Tapiii, sebelumnya kita perlu tau dulu, apa sih yang menyebabkan kita suka telat dan membuang-buang waktu?
Hidup yang Nggak Teratur, Nggak Rapi, Nggak Bersih dan Nggak Terjadwal!
Percaya nggak? Coba deh perhatiin…
Karena nggka punya jadwal dan perencanaan yang bagus, kita sering
menganggap enteng sesuatu. Karena nggak rapi, kita terbiasa buat “sibuk
nggak menentu” waktu mau pergi kemana.
Tips untuk mengatur waktunya udah kita
dapat sebenarnya dalam kalimat besar di atas. Hehe. Walau gitu, yuk kita
telusuri lebih lanjut lagi dan lebih panjang lagi!
1. Buat Jadwal
Kesannya gimana gitu yah. Rada-rada
males. Aneh aja. Tapi, bagus banget! Apalagi buat kamu yang suka lupa.
Nggak harus dituangkan dalam tulisan, paling nggak rencanain di dalam
pikiran kamu sendiri – apa-apa saja sih yang bakal aku lakuin.
Namun, alternatif berikut berharga banget jadi sarana pengingat jadwal kamu:
Kalender hape: Buat pengingat hal-hal
penting yang bakal kamu lakuin besok atau beberapa hari mendatang.
Ingat! Buat alarm/pengingatnya sekitar 1 jam sebelum jam kegiatanmu itu.
Kalender: Entah kalender dinding atau kalender meja, coretin aja dengan kegiatan-kegiatan yang bakal kamu lakuin.
Buku catatan kecil: Kamu bisa catat PR
kamu hari ini, bisa catat kegiatan yang bakal kamu lakukan besok, terus
mana yang udah dikerjain tinggal ditandai deh.
2. Rajin-rajin Lihat Jadwal
Haha. Untuk apa ada jadwal kalau lupa juga dilihat!
3. Perkara Besar Baru Perkara Kecil
Kalo kamu pernah dengar gini: perkara
kecil dulu baru perkara besar. Nah, dalam mengatur waktu, kalimat itu
nggak cocok! Malah sebaliknya, kita harus ngedahuluin kegiatan-kegiatan
terpenting dulu!
Keseringannya remaja senang banget
ngelakuin sesuatu yang menjadi kesukaan kita terlebih dahulu. Yang
kasihannya, kesukaan kita itu nggak terlalu penting! Misal nih, kita
lebih memilih nonton teve dulu, baru setelah itu ngerjain pe-er. Atau
main-main dulu, baru dah ngerjain tugas-tugas rumah.
Bukan dilarang untuk ngelakuin apa yang
kita sukai. Tetapi, faktanya kalo kita ngedahului aktivitas-aktivitas
terpenting dulu, ntar pas ngerjain sesuatu yang kita sukai, rasanya lega
banget, kayak punya banyak waktu!
4. Biasakan Hidup Rapi, Bersih dan Teratur!
Tahu ngga yang sering banget menyebabkan
kita telat atau terlambat? Berbalik dengan yang disebutkan di poin ini,
kita sering banget semrawutan. Coba deh ingat-ingat lagi, ketika kita
mau pergi, mana udah kepepet, eh ntah itu kunci motor, dompet, tas, kaos
kaki dan bahkan sepatu nggak tau letaknya di mana. Terpaksa deh nyari
lagi.
5. Terapin!
Yang paling penting adalah penerapannya!
Mulai dari matuhin jadwal, tetapin prioritas sampai hidup bersih, rapi
dan teratur. Eits, jangan ada hari pengecualian lho… Ntar bakal kambuh
lagi.
Intinya, silahkan diserapin bagus-bagus
tulisan besar yang di atas itu. Setelah itu, lakukan kebalikannya yaitu
poin-poin yang sudah dijabarin ini
Mari kita contoh bangsa Jepang. Jepang
adalah salah satu dari segelintir negara Asia yang sanggup menyaingi
Amerika dan Eropa, baik dari segi ekonomi, pendidikan, budaya dll.
Mengapa? Salah satu alasannya karena masyarakat Jepang sangat menghargai
waktu dan kesempatan. Dalam bekerja, belajar, hingga menghadiri
pertemuan, mereka senantiasa tepat waktu. Tepat waktu untuk mulai dan
tepat waktu pula untuk berakhir.
Mereka akan datang sebelum acara
dimulai, dan tidak akan beranjak sebelum acara benar-benar berakhir.
Waktu yang ada digunakan seefektif mungkin. (Sangat berkebalikan dengan
orang Indonesia, yang datangnya telat namun justru berlomba ingin pulang
duluan). Dengan memelihara budaya tepat waktu, orang Jepang jadi lebih
produktif bekerja dan meraih banyak kesempatan.
So, Siap Buat tidak terlambat Lagi kan? he..he.. ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar