Minggu, 25 Mei 2014

Masih S-1 di Unila, Farhan Ngajar Mahasiswa S-2 di Turki


Mahasiswa Unila Farhan Kurnia Mayendri mengajar mahasiswa S-2 di Turki. (Foto: Facebook Farhan Kurnia Mayendri)
Sebuah kebanggaan jika buah pemikiran kita meraih apresiasi dari orang lain, apalagi ketika penghargaan itu datang dalam skala internasional. Seperti mahasiswa Universitas Lampung (Unila) Farhan Kurnia Mayendri yang meraih penghargaan di Izmir, Turki.

Farhan merupakan satu dari ribuan orang yang tergabung dalam seleksi penulisan jurnal ilmiah 10th International Student Conference (ISC) 2014. Dalam kompetisi bergengsi itu, pemuda kelahiran 9 April 1994 itu berkesempatan mempresentasikan makalah ilmiahnya berjudul "Strenghten Creative Economy Industries for Increasing National Income in Indonesia."

Di hadapan dewan juri dan 53 mahasiswa terpilih dari seluruh dunia, Farhan dengan percaya diri membawakan jurnal yang membahas seluk beluk penguatan ekonomi kreatif itu. Dalam seleksi tersebut, dia berhasil mengalahkan peserta lain hingga tersisa 254 orang. Dari jumlah itu terpilihlah 15 besar Top World Jurnal, termasuk Farhan yang menempati posisi 14.

Berlokasi di Izmir University of Economics (IUE), mahasiswa kelahiran Padang itu melakukan presentasi dengan mantap. Menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, presentasi ilmiah tersebut berjalan lancar dan sukses.

"Pesertanya cukup beragam, mulai dari sarjana, master, hingga doktor. Dan itu pun berasal dari berbagai universitas terkemuka di dunia seperti Harvard dan Oxford. Yang dari Indonesia hanya Unila dan Universitas Indonesia (UI)," kata Farhan, seperti dikutip dari laman Unila, Rabu (21/5/2014).

Karya ilmiah bertema "Penguatan Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Industri Nasional di Indonesia" itu rupanya tak hanya menarik untuk dipresentasikan di dalam  konferensi. Makalah dan teori ekonomi yang dikuasai Farhan juga memiliki nilai tersendiri bagi Prof. Hakan Yetkiner.

Moderator yang juga ketua tim penjurian mengaku tertarik dengan presentasi jurnal yang dipresentasikan oleh Farhan. Bahkan, dia menginginkan makalah tersebut disampaikan di hadapan mahasiswa saat jam perkuliahan berlangsung.

"Jadi setelah presentasi dalam konferensi, saya sempat ditarik profesor Hakan untuk mengisi kelas perkuliahannya. Dan ternyata yang saya ajar waktu itu mahasiswa S-2. Karena belum ada persiapan sebelumnya ya terpaksa saya jelaskan teori-teori itu dengan menulis di papan tulis," ujarnya sembari tersenyum.

Sebagai bukti pencapaian dari forum ilmiah bertaraf internasional itu, sebuah sertifikat "Top Fifteen World Jurnal" pun diterima putra pasangan Mayendri Putra dan Nini Meidila itu. Tak hanya itu, karya ilmiah Farhan yang berhasil dipresentasikannya juga dipublikasikan oleh universitas-universitas di Turki dan China-USA.

"Untuk terbitan Business Review juga akan dipublikasikan dalam lima minggu ke depan. Saat ini kelimanya masih dalam tahap proseding. Dan kemungkinan besar dalam lima minggu ke depan karya ilmiah saya menjadi yang pertama terbit di jurnal internasional," urai mahasiswa jurusan Ekonomi Manajemen Pembangunan itu.

Tidak puas sampai di situ, usai mengikuti ISC 2014, Farhan tengah mempersiapkan diri mengikuti pemilihan calon mahasiswa berprestasi (camapres) Indonesia 2014. Seleksi awal di tingkat fakultas pada 21 April lalu telah dilewati dengan mengalahkan lima delegasi yang mewakili tiga jurusan di FEB. Seleksi lanjutan digelar di tingkat universitas pada 6 Mei 2014.

"Kalau di tingkat fakultas dan universitas saya berada di posisi pertama. Saat ini saya sedang melengkapi persyaratan untuk masuk 15 besar nasional. Presentasi jurnal yang saya gunakan tetap sama, namun lebih ke penguatan perekonomian Indonesia dalam pembangunan bangsa," beber Farhan. 

Sumber Resmi: http://kampus.okezone.com/read/2014/05/21/373/988240/masih-s-1-farhan-ngajar-mahasiswa-s-2-di-turki

Baca kisah seru lainnya di http://www.hotmotivasi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar