Sabtu, 26 Oktober 2013

Ngapain Ngiri



Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yang kehilangan kesabaran akhirnya berkata kepada siput: “Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?” 

Siput menjawab: “Kalian kaum katak mempunyai empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari, Tapi saya mesti membawa cangkang yang berat ini, merangkak di tanah dengan lambat, jadi saya merasa sangat sedih dan tidak adil.”

Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (katak).” 

Dan seketika, ada seekor elang yang terbang ke arah mereka, siput dengan cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.

Sobat Blog Hot Motivasi, pernahkah merasa seperti siput? Melihat orang lain yang 'lebih beruntung' rasanya hidup kita kok ya ngenes banget, gak adil, orang bisa dengan mudah beli tiket konser boyband yang harganya nyampe jutaan, sedangkan kita mikirin harga tiket kereta naik 2000 perak aja udah puyeng.

Orang lain bisa gonta-ganti hape, gonta-ganti motor, udah kayak gonta-ganti baju, sedangkan kita gonta-ganti menu makan aja udah mewah bener.

Tapi yakin deh seyakin-yakinnya Sob, bahwa Allah Maha Adil! Kita tidak bisa lihat 'penderitaan' orang lain, karena banyak orang yang menutupi penderitaannya dengan senyuman, dengan make up tebal, dengan topeng, dengan foto-foto tertawa lebar, jadi kita hanya bisa melihat kebahagiaan mereka. Kita tidak tau cerita duka di balik itu.

Lha... sedangkan kita malah mengumbar penderitaan kita dengan keluhan, jadi... kita cuma tau diri sendiri sebagai orang paling menderita sedunia, gak bisa lihat bahwa sebenarnya ada banyak 'keberuntungan' yang kita miliki dibandingkan dengan orang lain.

Jangan sampai kita baru berhenti 'iri' setelah melihat 'katak dimangsa elang!' Misal, kita iri ngeliat temen kita yang tajir, tapi begitu tau bapaknya dipenjara kena kasus korupsi, baru deh kita gak ngiri lagi sama dia, malah berbalik jadi kasian... Atau, Kita ngiri sama artis-artis Korea yang cantiik, sempurna, multitalented eeh... gak taunya bunuh diri karena depresi. Masih berani ngiri?

Sobat Blog Hot Motivasi, gak perlu mandang sinis pada kebahagiaan orang lain karena kita gak tau penderitaan di baliknya! Dan juga... gak perlu ngumbar penderitaan kita sebagai alasan boleh ngiri ke orang lain, soalnya di balik penderitaan itu biasanya terkandung banyak hikmah yang bisa jadi belum kita pahami saat ini, tapi suatu hari nanti justru kita syukuri...

So, ngapain ngiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar